berapa berat badan ibu hamil yg tergolong normal? ?

Diposkan oleh admin on Sabtu, 22 Desember 2012

Q.

A. Berapakah kenaikan berat badan yang seharusnya selama kehamilan?--- ini tergantung. Hal yang terpenting pertama yang harus anda ingat bahwa selama kehamilan ini ibu hamil perlu untuk bertambah berat badan, jadi selama kehamilan bukanlah saatnya untuk kuatir karena anda akan terlihat menjadi besar.

Mengapa selama kehamilan ibu perlu bertambah berat badannnya karena ibu hamil membawa si calon bayi dalam tubuhnya, dan juga ini penting untuk proses persiapan menyusui nantnya Jadi bagi ibu hamil tidak perlu berfikir tentang kuatir bertambah berat badan dan menjadi besar, dan sebaiknya anda mulai untuk berfikir untuk melakukan apa yang terbaik dan sehat bagi anda dan juga bayi dalam kandungan anda.

Jadi berapakah kenaikan berat badan yang sebaiknya selama kehamilan---ini tergantung dari berapa tinggi badan anda dan berapa berat badan anda sebelum kehamilan terjadi.

Jika anda memiliki berat badan yang kurang sebelum kehamilan terjadi maka dinjurkan kenaikan berat badan anda antara 14-20 kg; Jika berat badan anda berada pada berat badan normal pada sebelum kehamilan, dianjurkan kenaikan berat badan anda antara 12.5-17.5 kg; Dan jika berat badan anda sudah berlebih sebelum kehamilan maka kenaikan berat badan antara 7.5-12.5kg.

Mengapa kenaikan berat badan ini tergantung dari berat sebelum kehamilan?--- Ini penting dari segi kesehatan bagi ibu dan bayi.

Bila anda mempunyai berat badan yang berlebihan sebelum kehamilan maka pertambahan yang dianjurkan harus lebih kecil dari ibu dengan berat badan ideal---
karena bila ibu hamil dengan berat badan yang terlalu berlebihan akan mempunyai resiko untuk menjadi diabetes gestasional (kenaikan kadar gula darah karena adanya proses kehamilan) atau terjadinya preeklampsia (keracunan kehamilan dimana terjadi peningkatan tekanan darah).

Demikian pula sebaliknya, pada wanita yang berat badannya sebelum hamil kurang, maka ketika hamil ia perlu menambah berat badan lebih banyak dari berat ibu hamil yang sebelum hamil memiliki berat badan normal. --âkarena bila terjadi asupan gizi yang kurang sudah jelas akan menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan seperti BBLR (berat badan lahir rendah) dan gangguan kehamilan lainnya.

Jadi berapa kenaikan berat badan selama masa kehamilan anda, semua TERGANTUNG dari berat badan anda saat sebelum kehamilan, oleh karenanya penting bila anda merencanakan untuk hamil, sebaiknya anda mempersiapkan berat badan anda ke berat badan ideal dahulu, hal ini berkaitan dimana anda mempersiapkan tubuh anda untuk menyimpan semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh selama kehamilan secara seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang SEIMBANG.

Jadi apa yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan yang ideal selama kehamilan?--- Bila anda kelebihan berat badan sebelum hamil bukan berarti anda diet makan secara ketat karena akan berbahaya mempengaruhi asupan gizi yang diperlukan bayi anda. Begitu juga bila anda kekurangan berat badan tidak berarti anda makan sebanyaknya.

Dalam hal ini pentingnya PEMANTAUAN secara rutin dari dokter atau tenaga medis lainnya. Untuk dapat mengatur pola makan anda dengan cara tepat sehingga mendapatkan asupan zat gizi sesuai yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi dalam kandugan serta asupan gizi yang seimbang selama kehamilan.


Bila anda mempunyai masalah dengan peningkatan berat badan selama kehamilan ini, sebaiknya anda cepat berkonsultasi kepada dokter anda sehingga dokter dapat memberikan saran yang terbaik buat anda dalam menjalani kehamilan anda.

Ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik buat bayi anda,----bayi anda tergantung kepada apa dan bagaimana yang anda lakukan

© Dr.Suririnah- www.infoibu.com

Artikel yang berhubungan:
Beberapa Prinsip Makan Yang Baik Selama Kehamilan

Dapat kah virus Hepatitis B carier di hilangkan, apa obatnya dan berapa lama proses penyembuhanya?
Q. Saya seminggu lalu diagnosis dokter mendapat penyakit hepatitis B karier berdasarkan hasil pengecekan laboratorium HBsAG saya Reaktif (rujukan : non reaktif) dan Anti - HBs Non reaktif (dengan rujukan : Non Reaktif) mIU/mL >= 10 mI/mL sesudah vaksinasi.

Nah, berdasarkan pertanyaan saya apakah hepatitis B karier itu tidak berbahasa bagi penderitanya, dari beberapa artikel - artikel dari internet yang saya baca bawa benar tidak ada masalah ( menjadi kronis) bagi penderitanya tapi ada juga yang mengatakan bisa juga menjadi kronis , nah ! di sini saya bingung mana jawaban yang benar ?

Harapan saya, saya dapat mendapat jawaban dari pengalaman pribadi atau pernah menangani masalah seperti saya. saya mohon pencerahanya :) mudah - mudahan yg menjawab dengan tulus dapat barokah dari Tuhan YME. Amin

terimakasih :)
Kata => berbahasa itu maksud saya berbahaya ? maaf salah ketik :)

A. Virus hepatitis B

Penularannya tidak semudah virus hepatitis A. Virus hepatitis B ditularkan melalui darah atau produk darah. Penularan biasanya terjadi di antara para pemakai obat yang menggunakan jarum suntik bersama-sama, atau di antara mitra seksual (baik heteroseksual maupun pria homoseksual).
Ibu hamil yang terinfeksi oleh hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan. Hepatitis B bisa ditularkan oleh orang sehat yang membawa virus hepatitis B. Di daerah Timur Jauh dan Afrika, beberapa kasus hepatitis B berkembang menjadi hepatitis menahun, sirosis dan kanker hati.

Dibandingkan virus HIV, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan gejala Hepatitis B tidak nyata.[6]

Secara vertikal, cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan.
Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll) atau luka yang mengeluarkan darah) serta hubungan seksual dengan penderita

Obat tradisional untuk Hepatitis. Minum VCO Kelapa hijau 3x sehari @4 sendok makan.

Bapak Adi Sasono Mantan Menteri Koperasi Indonesia Kabinet Reformasi mengidap Hepatitis B bahkan sampai kronis terkena Sirosis Hati (kanker hati). Telah berobat di RS Mount Elizabeth Singapur, RS Loyola, Chicago, Amerika Serikatâtempat para hepatologis terbaik dunia, namun mantan ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia itupun tidak kunjung sembuh.

Suatu hari ada yang menganjurkan untuk minum VCO Kelapa hijau 3x sehari. Kemudian pak Adi rutin minum VCO Kelapa hijau dan Diluar dugaan, Pak Adi akhirnya dinyatakan sembuh dan sehat.

Kisah kesembuhan Adi Sasono itu sebuah keniscayaan. Penelitian yang dilakukan Bartolotta S. dan rekan sejawatnya di Universidad Tidak Buenos Udara, Ciudad Universitaria, Buenos Aires, Argentina, menunjukkan asam laurat atau C12 paling efektif menghadang tahap pendewasaan siklus replikasi virus. Lauric acid dalam tubuh bekerja mengurangi hasil sekresi virus dan menghambat tekanan patogen virus, tanpa mempengaruhi kelangsungan hidup sel dalam jaringan tubuh.
Dokter yang dihubungi Trubus, Prof Dr Nurul Akbar SpPD-KGEH, menjelaskan hepatitis disebabkan oleh virus yang dalam jangka waktu 6 bulan sejak terinfeksi menjadi akut dan bila dibiarkan hingga 6 bulan berikutnya menjadi kronis. Virus masuk ke dalam sel hati dan secara bertahap merusak sel hepar itu.
Virus itu menyebabkan organ hati meradang dan bila pecah akan menyebabkan tubuh menjadi kuning sewarna biliburin. Warna itu akan muncul secara fi sik di permukaan kulit, sela-sela kuku jari tangan, dan putih di mata. Itulah yang menjadi ciripenderita hepatitis. mengatasi hepatitis, mengobati hepatitis
Jadi, bila ada obat yang bisa menghambat proses replikasi virus sangat disarankan. Selama ini dunia medis mengenal interferon yang berfungsi memperbaiki hati. âNamun, tingkat keberhasilan interferon hanya 10â15%,â ungkap Prof Dr Nurul Akbar, SpPD-KGEH. Meski di lapangan interferon sanggup mengurangi penderitaan akibat hepatitis sebanyak 40%, tapi kemampuannya memusnahkan virus masih kecil.
J. Kabara, Ph.D., profesor emeritus dari Michigan State University, Illinois, Amerika Serikat, dalam buku Minyak Kelapa dalam Bidang Kesehatan dan Penyakit, yang ditulis Conrado S. Dayrit, MD.FACC.FPCC. FPCP., telah mempelajari aspek nutrisi dan kesehatan minyak kelapa murni selama lebih dari 30 tahun. Laboratorium lipidnya menemukan minyak kelapa tanpa pemanasan yang tergolong raw food (makanan mentah untuk diet) di Amerika Serikat, mengandung 47â59% asam lemak jenuh rantai sedang alias medium chain fatty acid (MCFA) dan monoglyceride. Asam lemak itu berupa lauric acid, myristic acid, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, dan sebagainya. Dengan kandungan itu minyak dara baik dikonsumsi penderita hepatitis demi menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh.

Info selengkapnya baca di link dibawah ini

Tolongin aku ya....aku udah hamil 2 bulan, melakukan usg udh 2x. Pengaruh ga ya utk janin aku??? Tq...?
Q.

A. Saya juga sekarang hamil 4 bulan dan sudah USG berkali2 karna standar pemeriksaan disini dengan USG. kemudian saya baca salah satu artikel kehamilan mengenai USG mungkin juga bisa membuat anda lega.

Amankah USG (Ultrasonografi) Bagi Bayi Dalam Kandungan ?

USG atau Ultrasonografi adalah prosedur pemeriksaan yang tidak berbahaya. USG menggunakan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke tubuh untuk memperlihatkan gambaran rahim dan isinya yang memberikan informasi dalam bentuk gambar yang disebut Sonogram yang dapat kita lihat di layar monitor.

USG tidak menggunakan radiasi, jarum suntik, cairan atau obat2an yang dimasukkan kedalam tubuh.

Sehingga jawaban apakah Ultrasonografi AMAN untuk bayi dalam kandungan anda? Jawabannya YA.

USG sudah di gunakan selama bertahun tahun dan tidak ada kejadian yang menunjukkan bahwa USG menyebabkan gangguan pada ibu ataupun bayi. Walaupun begitu pada sebagian dokter hanya menganjurkan pemeriksaan USG untuk kepentingan kesehatan atau medik saja dan bukan hanya melakukan pemeriksaan USG untuk mengambil print photo bayi anda sebagai photo keluarga saja.

Jadi tidak perlu khawatir tidak ada dampak negatif terhadap janin dalam kandungan kita!

saya ingin tanya mengenai metode penggunaan KB(keluarga berencana) terutama untuk yang belum pernah hamil?
Q.

A. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997), KB adalah: "Gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran." Metodenya adalah penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD dan sebagainya.

D Indonesia, KB dapat juga diartikan sebagai program pemerintah dengan tujuan utama meningkatkan derajat kesehatan dan ke-sejahteraan ibu dan anak, keluarga serta masyarakat pada umumnya.
Mengenai beberapa metode penggunaan alat-alat KB dapat anda baca di: http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/keluarga-berencana.html




Powered by Yahoo! Answers

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar