Kakakku hamil muda, muntahnya parah banget, ada tips ?

Diposkan oleh admin on Jumat, 28 Desember 2012

Q.

A. Muntah yang berlebihan itu secara medis disebut Hyperemesis gravidarum (HEG) yang artinya muntah yang berlebihan dalam kehamilan sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari ibu hamil yang bersangkutan.

Penyebab pastinya sampai sekarang tidak jelas. Tetapi faktanya ditemukan sebagai berikut: (1) Sering hanya pada trimester pertama saja (2) Lebih sering pada kehamilan pertama dengan kecendrungan berulang pada kehamilan berikutnya (3) Ada riwayat keluarga dengan HEG (4) Sering ditemukan pada mola (hamil anggur) dan hamil kembar (5) Lebih sering pada kehamilan yang tidak direncanakan.

Seperti biasanya jika tidak diketahui pasti penyebab sesuatu maka orang akan berteori. Diduga penyebabnya sebagai berikut: (1) Hormon: akibat kadar hormon HCG yang tinggi pada mola dan kehamilan kembar (2) Psikis: diduga faktor ini memperberat pada saat muntah-muntah sudah muncul (3) Defesiensi zat gizi: munculnya pada pagi hari setelah malm sebelumnya tidak makan, kekurangan vitamin B6 dan B1 serta protein (4) Faktor Alergi dan Imnunologi: bahan atau substansi yang keluar dari plasenta menimbulkan reaksi muntah-muntah pada ibu.

Pengobatan berupa rehidrasi (infus), diet (awal berupa karbohidrat kering seperti biskuit, roti) serta pemberian obat2an berupa : antimuntah (metoclopramide, ondansetron, pyridoxine, prometazine, domperidon dll), sedasi (diazepam, luminal), antialergi (phenergan), vitamin (B1, B6 dll.

Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk dimakan pada TM I:
# Buah2an dan jusnya
# Susu dan yogurt, produk2 susu lainnya.
# Hasil olahan dari biji-bijian (grain) seperti roti, cereral, popcorn, crackers, pancakes, beras and pasta
# Permen yang keras (Hard candy) gunanya buat ngurangin muntah.
# Telur segar yang matang - lebih baik lagi jika terdapat dalam bahan campuran roti, cake, mi, waffles, atau pancakes.
# Daging segar yang direbus atau dimasak dengan microwaved.

Makanan yang nggak boleh banyak2 dimakan:
# Sayuran seperti wortel, tomat dan kacang.
# Minyak dan makanan berminyak.
# Bahan perasa seperti : chocolate, vanilla, mint, dan jahe.

Makan yang harus dihindari:
# Semua bumbu2 (spice)
# Bawang, mustard, jamur, kentang
# Makanan yang dipanggang atau dibakar
# Coffee, teh, dan cola.
# Makan yang pedas atau pahit seperti broccoli dan merica.

Terminasi kehamilan bisa dilakukan jika ditemukan hal2 yang mengancam jiwa ibu seperti: penurunan kondisi umum ibu, Nadi diatas 100x/menit, suhu diatas 38 derajat Celcius, Oliguria (pipis sedikit) dan proteinuria (kebocoran protein lewat urin), kuning (jaundice) dan gangguan neurologi.

Cara terminasi : jika hamil kurang dari 12 minggu dilakukan vakum kuret, jika kehamilan lebih dari 12 minggu dilakukan operasi yaitu hysterotomi (membuka rahim) dengan anestesi regional.

Normal nggak ya kalo makan cuman sedikit ?
Q. Lg hamil 4 bln anak kedua, tapi kok gak suka makan. Makan aja pilih2 n gak bisa banyak. bulan lalu aja turun 1 kg. Gw kurus.
Gw jg nggak suka ngemil nih. Pdhal sblm hamil makan gw banyak loh.

A. Normal kok, waktu saya hamil anak kedua juga begitu, kalo pagi yang masuk cuma bubur ayam, lainnya 'ditolak' mentah-mentah, tapi setelah masuk trimester kedua nafsu makannya udah normal lagi kok.

Menyiasati Keluhan Hamil Muda
CAMILAN: Kesulitan makan pada wanita hamil trisemester awal dapat disiasati dengan makan porsi kecil dan camilan biskuit. Bisa lengkapi dengan keju sebagai sumber kalsium. Jangan lupa buah dan air cukup.

Tantangan bagi wanita yang hamil dimulai pada awal trisemester kehamilan. Rasa Pusing, mual, lelah kerap dikeluhkan wanita hamil muda. Tak jarang keinginan untuk makan menjadi menurun, padahal masa ini merupakan masa yang kritis bagi pembentukan janin.

Menurut Konsultan obstetri dan ginekolog dari North Glasgow University Dr Philip Owen, pada trisemester pertama kehamilan, rasa mual dan muntah merupakan hal yang biasa dialami para wanita hamil. Hanya saja tingkat dari rasa mual dan frekuensi muntah tersebut berbeda untuk setiap wanita hamil.

âBagi sebagian besar wanita hamil, rasa mual akan berhenti setelah melewati tiga bulan pertama kehamilan. Sementara itu, untuk sebagian wanita hamil lainnya hal ini akan terus dialami hingga usia kandungan 4 atau 5 bulan,â ujar Dr Philip Owen.

Mengenai penyebab dari rasa mual dan muntah belum diketahui dengan pasti. Owen mengungkapkan, hal itu dimungkinkan oleh masalah hormonal atau ketidakseimbangan kadar gula darah.

âBanyak dokter dan bidan yang meyakini morning sickness merupakan hal yang biasa dialami oleh wanita hamil kembar dua atau tiga. Namun, belum tentu hal ini menjadi penyebab utamanya,â tegas Owen.

Keadaan itu akan menjadi berbahaya jika wanita hamil mengalami muntah terlalu sering dengan volume yang tinggi. Hal tersebut akan menyebabkan calon ibu kekurangan cairan bersama dengan kandungan nutrisi dan mineral sehingga terjadi dehidrasi.

âIbu hamil mengalami dehidrasi dan tidak dapat menelan cairan, mengalami kondisi yang disebut hyperemesis gravidarum. Kondisi ini memerlukan penanganan medis di rumah sakit. Biasanya untuk penanganannya, ibu hamil akan diberikan cairan melalui infus,â terang Owen. (netdoctor.co.uk/ri)

Tips Menyesuaikan Pola Makan

Beberapa ketidaknyamanan di masa hamil mengkondisikan wanita hamil untuk menyesuaikan kebiasaan makan. Seringkali ibu hamil tidak dapat mengonsumsi makanan seperti biasa. Bahkan, tidak jarang makanan pokok seperti nasi menyebabkan mual dan muntah bagi ibu hamil.
Untuk menyiasatinya, maka dapat dilakukan frekuensi makan yang lebih sering dengan porsi lebih kecil dapat membantu, dengan biskuit sebagai camilan dan banyak minum cairan.
Sementara itu, rasa panas dalam dada dapat diredakan dengan makanan porsi kecil dan menghindari makanan berminyak atau pedas dan kafein. Untuk sembelit, yang dapat muncul selama hamil, tingkatkan konsumsi cairan, makanan berserat, dan buah-buahan serta jus.
Selain menjaga dari resiko dehidrasi, cairan yang cukup dalam tubuh juga dipercaya akan mengurangi rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil.
Makanan segar dan mengandung banyak air, dapat menjadi alternatif yang baik bagi wanita yang tengah hamil muda. Hindari juga makan yang terasa asam seperti mangga muda. Memang terasa enak dimulut, namun justru akan membuat perut bertambah kembung.
Selain itu, waktu istirahat cukup dibutuhkan oleh para calon ibu. Istirahat bagi wanita hamil tidak berarti harus tidur berbaring. Beristirahat dengan relaksasi di kursi atau sofa selama 30 menit hingga 1 jam cukup mengembalikan kondisi fisik ibu hamil usai beraktivitas.
Pada malam hari, usahakan agar ibu hamil mendapat waktu tidur yang cukup untuk menjaga kondisi tubuhnya. (ri)

makan terlalu banyak kelapa(kue yg ada kelapanya lho ya..)bahaya ga buat janin?
Q. skrg aku udh hamil 40minggu lbh tp blm melahirkan jg.
dan saat ini aku masih suka makan kue yg ada kelapanya.
kira2 ada resiko ga buat janin?
terima kasih

A. Hi,

sebenarnya apa saja baik itu makanan atau minuman kalau di konsumsi melebihi takaran maka hasilnya akan menganggu kesehatan.

nah! tentang bayi anda yang belum juga lahir setelah memasuki minggu ke 40 '' tidak ada sangkut pautnya dengan kue kelapa yg anda konsumsi ''

cobalah teliti kembali perhitungan perkembangan bayi dari bidan yg memeriksa kehamilan ibu. jaman kini bisa dengan pemeriksaan
'' air ketuban yg diambil utk diperiksa '''.
bila air ketuban sudah berwarna keruh dan hijau itu berarti bayi sudah harus cepat dikeluarkan demi kesehatannya.

tips dari saya ; jangan terlalu banyak mengkonsumsi kelapa baik itu daging kepala muda atau air kelapa atau santan.
sebab kelapa adalah berbahaya untuk kolesterol.

ibu cobalah periksakan kembali keanaan kehamilan ibu.

thnc

jerawat aktif yang membandel?
Q. aq ibu muda umur 22 th,uda punya anak..
aq punya masalah dengan jerawat,,awalnya sejak aq hamil,, aq kira setelah melahirkan akan hilang dengan seiring waktu,, dulu aq ikut program di natasha skincare,, tapi karena keterbatasan biaya akhirnya aq memutuskan untuk berhenti,,

tolong aq dong,,gimana caranya mengatasi jerawat aktif yang membandel.. ada g produk yg harganya terjangkau tapi khasiatnya maknyos,hehehe,,,, thanks ya uda maw ngebantuin cai solusi,,,
aq tunggu banget jawapannya,,,

A. coba pake lotion+masker jerawat SARIAYU.. aq cocok bgt pake itu
atau bisa coba pake cara alami, seperti:
>pake minyak zaitun, cranya minyak zaitun dipanasin pke api lilin, slama 10detik, trus di olesin pda area yg berjerawat, (dipake sebelum malem sblum tidur)
>untuk mengurangi peradangan sama nyeri jerawat, bisa coba pake es batu selama 30-60 detik

bebrapa tips mengatasi jerawat:
1. Tidur sekitar 6-8 jam. sehari
2. Bangun tidur bersihkan wajah dengan air hangat. aq rasa pake air hangat aja cukup.
3. Beraktifitas seperti biasa + bersihkan wajah setiap kali keliatan berminyak dan kotor. Biasanya siang dan sore bersihkan lagi, yang penting airnya bersih. Bisa juga pake pembersih muka
4. Gak makan telur, indomie, kacang, ayam sangat membantu mencegah jerawat. Aku juga mengurangi makan cabe. (kata dokter, makan cabe menstimulasi jerawat.
5. Kalo naik motor, pake helm yang tertutup.
6. Bersihin muka sebisanya pake air bersih, pake ledeng gak kusaranin ,kalo memang rela, coba pake air kemasan (aqua galon), biar efektif.

>kalo buat ngilangin bekas jerawatnya, bisa coba pke madu, caranya madu dipanasin sampe mendidih, trus diemin 3-5mnit (sampe suhu jadi anget) trus olesin di area bekas jerawat dan diemin 15-20mnit.. lakukan stiap malem sblum tdur...

oia ada juga tips untuk menghindari bekas jerawat:
1. Jangan pegang atau memencet jerawat
2. Banyak minum air putih
3. Konsumsi buah dan sayuran yg kaya antioksidan
4. Kompes jerawat dgn es batu selama 30-60 detik untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa nyeri


>Atau konsultasi aja ke tempat-tempat perawatan kulit dan wajah.
Misalnya : ke ERHA situsnya http://www.erhaclinic.com/
Aku sih belum pernah.
Kalo mau lebih lengkap lagi tentang jerawat plus obat-obatnya coba kunjungi aja situs ini :
http://www.acne.org/



>>semoga bermanfaat ya...<<




Powered by Yahoo! Answers

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar