kenapa ASI saya belum keluar juga?

Diposkan oleh admin on Kamis, 27 Desember 2012

Q. saya sudah melahirkan 1 bulan yg lalu tapi kenapa ASI saya belum juga keluar ya?? tolong bantuannya ya.........

A. sering-seringlah melakukan perawatan payudara setiap hari sehabis mandi
untuk tata cara perawatan payudara pada masa menyusui bisa dilihat disini http://www.scribd.com/doc/16308662/Perawatan-Payudara-Pd-Masa-Menyusui
teruslah menyusui bayi ibu dari kedua payudara, karena semakin sering terangsang, ASI akan semakin banyak keluar.
jangan lupa untuk selalu berpikir positif, yakinlah bahwa ibu bisa menyusui bayi ibu dg baik, bisa memberikan yg terbaik bagi bayi ibu.
semoga membantu^^

pijat bayi benarkah bermanfaat?
Q. katanya pijat bayi yang rutin bisa bermanfaat untuk bayi cepat berjalan apa betul?
kalo iya hrs seminggu berapa kali? saya punya langganan pijat bayi ibu2 apakah tidak apa2 tau harus yang di RS?

A. Pijat pada bayi tidak sama dengan pijat pada orang dewasa, tekanan yang diberikan mungkin hanya seperti sentuhan bagi orang dewasa. Namun pijat bayi ini memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat yang bisa didapatkan dari pijat bayi adalah membantu sirkulasi dan perkembangan saraf, membantu mengatasi masalah tidur pada bayi, membantu menambah nafsu makan, merangsang sistem sensorik, menstimulasi pertumbuhan hormon, membuat bayi menjadi lebih rileks dan tentu saja bisa mempererat hubungan antara bayi dengan orangtua.

"Pijat bayi bisa juga mengatasi masalah keterlambatan perkembangan, mendeteksi gangguan pada fisiknya, hiperaktif, gangguan tidur dan susah makan serta untuk mengatasi anak dengan gangguan sindrom," ujar Berliana Theresia, AMF, fisioterapis dari Klinik Eastwest Physiotherapy & Rehabilitation, saat ditemui detikHealth, Rabu (9/9/2009).

Pijat bayi ini bisa dilakukan sejak bayi berusia 1 bulan hingga 2 tahun, jika sudah lebih dari itu lebih difokuskan ke arah gerakan.

Umumnya orangtua datang ke fisioterapis dengan keluhan terhadap bayinya kemudian fisioterapis mencari tahu apa permasalahannya dan yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Untuk masalah kurang nafsu makan maka bayi akan distimulasi agar mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuhnya.

"Untuk itu seorang fisioterapis harus tahu tahapan-tahapan apa saja yang harus dilalui bayi mulai dari lahir hingga bisa berjalan dan berbicara," ujar fisioterapis lulusan Universitas Kristen Indonesia ini.

Pada bayi yang memiliki masalah dengan pernafasan atau paru-paru biasanya dilengkapi dengan perawatan penguapan (nebulizer), namun perawatan ini harus berdasarkan rujukan dokter untuk menentukan dosis dari obat yang akan digunakan.

Orang tua juga bisa melakukan pijat bayi dirumah sekali sehari sebagai relaksasi. Berikut beberapa tips dalam melakukan pijat bayi:

1. Tidak boleh melakukan pijat bayi saat bayi sedang makan atau setelah menyusui, usahakan minimal satu jam sebelum atau setelah melakukan hal tersebut.
2. Sebaiknya dilakukan sebelum bayi mandi, lalu dilanjutkan dengan mandi sehingga bayi akan merasa lebih segar.
3. Usahakan anak dalam keadaan senyaman mungkin dan tidak boleh dalam keadaan menangis.
4. Tingkat penekanan yang diberikan sama dengan saat orang dewasa menyentuh kelopak matanya, jadi seperti diusap saja.
5. Memijat bayi dari atas atau kepala ke bawah.


Berliana menambahkan setiap bayi harus melalui semua tahapan perkembangannya agar ke depannya saat berusia 5 atau 6 tahun tidak mengalami gangguan dalam hal membaca, menulis atau bersosialisai.

Tidak ada salahnya mencoba mengatasi masalah pada bayi melalui teknik pijat bayi. Selain untuk perawatan pijat juga bisa membuat bayi menjadi rileks dan merangsang perkembangan tubuhnya.

Bayi yg lahir premature kira2 masuk bulan keberapa bisa duduk?
Q. Anak temenku lahir 7bln setengah,trus sampai sekarang anaknya itu udah 9bulan,herannya dia gak pandai duduk atau merangkak.kira2 anak yg lahir premature masuk bulan keberapa bisa duduk?tks

A. anak prematur sich tidak semua mempengaruhi perkembangan bayi, memang untuk bayi prematur kita perlu perawatan yang extra biar pertumbuhan tidak terhambat, lebih baik kansultasi ke dokter anak untuk mengetahui apakah normal atau tidak karena pertumbuhan dan kepintaran motorik semua bayi tidak sama, untuk bayi 9 bulan kita sudah boleh sekali-kali lepaskan dia kereta bayi yang rodanya 4 biar keamanan terjamin, dan sering lepaskan dia latih bayinya. lihat dia suka mainan apa biar menarik perhatiannya dan taruh agak jauh biar dia terpancing untuk mengapai mainan itu dan motorik jadi terangsang untuk membuat dia merangkak, nanti coba lihat saat 11 bulan apakah dia bisa berdiri, karena ada juga anak yang tidak merangkak dan duduk seperti pengalaman anak pertama sekarang usia 12 thn saya karena saya pakai suster, digendong terus tidak pernah dilepas, sampai dia langsung berjalan pada usia 14 bln waktu itu saya masih tinggal di indonesia, lain dengan anak kedua, karena saya tinggal di luar negeri dan tidak punya pembantu, jadi sering di lepas, 6 bulan tengkurup, 8 -10 bulan merangkan dan 11 bulan mulai jalan goyang-goyang dan 1 thn udah bisa jalan

tentang cara perawatan anjing?
Q. Gini nih kk kk senior, ada yng bisa kasih tips ga supaya anjing kita nurut kalo dia mau buang air kecil / besar ga boleh sembarangan...? mungkin sulit.. tapi klo ada saran tolong share ya!
thanks before

oh ya sama tips perawatan anjing pom pom / pomeranian ..? thanks before

A. Ini yang sering menjadi pertanyaan umum dari seluruh pemilik anjing khususnya anakkan. Sebenarnya kunci untuk membuat anjing tidak membuang kotoran tidak di tempatnya adalah disiplin waktu dan pengenalan perintah.

Yang saya gunakan : poopoo = buang air besar peepee = buang air kecil dan apabila kita menghendaki anjing bebas melakukan hajatnya saya memberikan perintah âFREEâ

Yang perlu anda ketahui bahwa anjing 3 bulan sama halnya dengan bayi berumur 0 -12 bulan yang memiliki daya tahan menahan membuang kotoran sangat rendah dan mereka selalu di sediakan popok atau diaper untuk keperluan tersebut.

Jadi yang anda perlukan adalah kesabaran untuk selalu membawa ke tempat yang anda kehendaki untuk membuang kotoran dan lakukan selalu di tempat yang sama selalu puji dia apabila dia melakukan yang benar tetapi lakukan sebaliknya apabila dia melakukan tidak benar.

Selalu gunakan tali dimana kita dapat mengarahkan tempat pembuangan yang layak baginya.

Kami berharap anda jangan sesekali memukul memakai Koran atau pun memakai sapu dan lain sebagainya di karenakan itu tidak membantu sama sekali yang muncul adalah trauma dan akhirnya mental anjing anda rusak. Sayang bukan?


Tip-tip yang harus diperhatikan dalam merawat anjing pom yaitu :

1. Makanan:

Mini pom termasuk rentan. berikan dogfood yang bagus seperti orijen atau acana. kalau budget terbatas berikan dogfood merk eagle pack holistic chicken & rice atau nutrisource small breed puppy.
Lebih bagus kalau diberi raw food: daging ayam/sapi mentah yang dicampur dengan sayuran yang sudah diblender / cincang berupa wortel & buncis atau kentang yang dikukus atau blender. Bisa juga tambahkan telur mentah, kulit telur jangan dibuang - hancurkan kulitnya dan diberikan bersama makanannya sebagai sumber kalsium. Kebutuhan makan mentah adalah 2% dari berat badan anjing.
Contoh:berat mini pom 2 kg maka makanan yang dibutuhkan dalam 1 hari 40 gr yang isinya berupa 70% daging & 30% campuran sayur / kentang rebus / ubi merah (daging 28 gr - sayur / kentang 12 gr )



2. Asupan Vitamin:

- Suplemen dorwest herbs: keeper's mix yang menjaga kesehatan hati, ginjal, organ penting lainnya sehingga efeknya ke bulu akan luar biasa ! Karena organ-organ sehat maka bulu juga akan indah, tidak rontok, berkilau, cepat panjang dan tebal !
Bentuknya bubuk hijau. Untuk ukuran 500 gr bisa untuk 11 bulan untuk 1 ekor minipom (anjing di bawah 5 kg), sehari cukup sekali saja bisa dicampur ke makanan atau dicampur air sedikit.

- Suplemen dorwest herbs:garlic & fenugreek tablets yang mengandung bawang putih dan berfungsi sebagai antibiotik alamiah, mencegah infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh tubuh anjing sehingga tidak mudah sakit, sembuhkan batuk, dan kutu tidak mau dekat-dekat karena darah jadi bau bawang. 1 hari cukup 1 tablet, kalau sakit flu atau batuk dosisnya 2x1 tablet sampai sembuh. Bentuknya tablet bulat pipih super mini yang dilapisi gula, warna putih.

Kalau mau yg murah meriah bisa di kasih minyak kelapa 1 sendok teh sehari 1 x atau minyak ikan cod yang bentuknya softgel..
Jangan lupa dikasih minum susu yang tidak mengandung laktosa, anjing tidak bisa mencerna laktosa. merk susu yang disarankan: SGM LLM (box pink) or VITALAC FL (Free Lactosa)



3. Grooming.

Pom tidak boleh sering dimandikan karena nanti bulunya jadi kering. Cukup menyikat bulu-bulunya 2 hari sekali.

4. Kesehatan:

Pom tubuhnya lumayan rentan sama yang namnya sakit terutama flu. sediakan tempat tidur anjing yang empuk, pom suka yang empuk. Teratur kasih obat cacing 3 bulan sekali, vaksin juga harus teratur dimulai sejak umur 4 minggu.

5. Perilaku:

Pom umumnya agresif, suka mau tau, rewel dan sangat berisik. Pom juga sangat lincah dan senang bermain.




Powered by Yahoo! Answers

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar