berapa usia kehamilan saya sekarang ini?

Diposkan oleh admin on Minggu, 23 Desember 2012

Q. haid terfakhir tanggal 7 januari

A. Hallo mba'.. berdasarkan kalkulator kehamilan usia kandungan mba' saat ini 7 minggu (Mba' bisa search di google dengan mengetik kalkulator kehamilan).

Atau ini ada tips cara menghitung usia kehamilan.. jadi mba' bisa coba menghitung berapa usia kehamilannya...

Sebenarnya ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Anda bisa memilih yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan.

Hari pertama menstruasi terakhir

Metode ini membutuhkan pengetahuan Anda tentang siklus menstruasi. Berdasarkan siklus, dokter bisa memperkirakan usia kehamilan dan tanggal kelahiran si kecil yang dihitung berdasarkan rumus Naegele, yakni hari ditambahkan 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambahkan 1. Contohnya, bila menstruasi terakhir tanggal 1 Mei 2005, diperkirakan persalinan akan terjadi pada 8 Februari 2006. Sebagai catatan, untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap.

Namun sayangnya rumus ini hanya bisa bisa diterapkan pada perempuan yang memiliki siklus menstruasi teratur, yakni antara 28-30 hari. Tak hanya itu, hanya sekitar sekitar 5% bayi yang akan lahir sesuai perhitungan ini. Sebab perkiraan tanggal persalinan seringkali meleset antara tujuh hari sebelum atau setelah tanggal yang dihitung.

Gerakan janin

Perlu untuk diketahui bahwa pada kehamilan pertama gerakan janin mulai terasa setelah kehamilan memasuki usia 18-20 minggu. Sedangkan pada kehamilan kedua dan seterusnya, gerakan janin sudah terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.

Tinggi puncak rahim

Biasanya, dokter akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, ini menunjukkan usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu.

Perlu dietahui, ukuran maksimal adalah 36 cm dan tidak kan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu. Kalaupun tingginya bertambah, kemungkinan yang akan dialami adalah janin Anda besar, kembar, atau cairan tubuh Anda berlebih.

Menggunakan 2 jari tangan

Pengukuran dengan menggunakan 2 jari tangan ini hanya bisa dilakukan jika ibu hamil tidak memiliki berat badan yang berlebih. Caranya; letakkan dua jari Anda diantara tulang kemaluan dan perut. Jika jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim masih di bawah pusar, maka setiap penambahan 2 jari berarti penambahan usia kehamilan sebanyak 2 minggu.

Menggunakan ultrasonografi (USG)

Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui âgambarâ janin yang muncul pada layar monitor.

gmana supaya menjaga kandungan tetap sehat?
Q. qu,,baru mau punya anak nich.......ceneng bgt tp pengen tetep sehat gtoh......

A. Tips menjaga kondisi sehat saat hamil :
1. makanan dijaga kehalalannya, cukup asupan gizi seimbang, jangan makan yg rasanya terlalu ...(terlalu pedas, terlalu asem, misalnya...), minumlah susu segar (UHT) tiga kali sehari. minum sesendok madu setiap pagi.
2. seusai sarapan, minum folic acid, kalsium, dan obimin,1x1(dikasih doktermu khan?). Itu buat meningkatkan kadar asam folic dalam tubuh-kalsium kamu---sebab janin berkembang optimal dgn mengambil zat-zat gizi dari ibunya.
3. cukup istirahat, jadi jgn kecapekan...jgn stress (jgn memikirkan hal-hal buruk ata kesusahan2...).
Rileks dan nikmatilah masa kehamilan, ;)
4. nanti kalo udah 7 bulan usia kehamilan, senam hamil...
olahlah pernafasanmu...ini penting buat detik-detik persalinan nanti, buat mengejan dan mengatur supaya luka robekan tidak banyak...
5. jangan duduk lama, hindari posisi duduk yg lama...apalagi jika kaki menggantung... aliran darah tidak sehat, bu...
6. banyak nyemil buah-buahan segar (jangan ngemil chiki-snack2 yg banyak msg). tapi hindari : duren, nanas, anggur, jeruk masam, dan buah yg keras. kadar duren, nanas, anggur Berbahaya buat janin dan pencetus mual.
7. Hindari seafood. Kalau makan ikan, bagus... tapi seafood yg lain, biasanya pencetus alergi, bu... dan pengalaman banyak ibu lain, makan seafood---sering susah mengejan pas bersalin.
8. Hindari sakit gigi. Obat tambal gigi, obat kumur-kumur, dan pembersihan ke dokter gigi dapat menyebabkan masuknya zat kimia ke dalam janin. Banyak yg pernah keguguran gara-gara hal ini.
9. konsultasi aktif ke bidan atau obgyn anda. banyak membaca bersama suami sebagai persiapan diri menjadi ortu yg baik. curigai perdarahan yang terjadi, jika janin lemah...harus bed-rest.

semoga sehat selalu, salam buat adek bayi di peyut...;-)

Apakah hasil test pack yg dilakukan setelah 3 minggu berhubungan hasilnya masih efektif...?
Q. dan kalo ga efktif,,kpan waktu yg tepat lgi buat melakukan test..???

A. Secara umum, Anda bisa memakai alat tes kehamilan (test pack) dua hari sebelum datang bulan, atau 12 hari setelah berhubungan seks di masa subur. Ini dilakukan untuk memastikan alat tes kehamilan (test pack) memberikan hasil yang benar. Sebagai informasi, alat tes kehamilan pribadi (test pack) memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, yaitu antara 99,9% (dengan catatan bila dilakukan dengan prosedur yang benar).

Agar tidak salah waktu menggunakan alat uji kehamilan ini, ada baiknya kalau anda melakukannya dengan benar.

Berikut ada sedikit tips menggunakan alat uji kehamilan (test pack) yang benar secara umum :

1. Buat yang belum pernah menggunakan, baca dengan teliti keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kotak.
2. Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
3. Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
4. Setelah menyentuhkan urin ke test pack, diamkan selama 1 menit. Setelah itu akan muncul garis-garis pada test pack sebagai tanda hamil atau tidak.
5. Bila didapat tanda positif kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa memang benar-benar hamil dan mendapat nasehatnya, karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon buah hati dan calon ibu.
6. Kalau hasilnya negative coba lagi beberapa waktu (disarankan 3 minggu sampai 1 bulan).
7. Bila ternyata hasilnya tetap negatif dan kamu belum juga dapat mens, segera periksakan ke dokter kandungan.

Aku suka kucing, tapi kata orang bulunya berbahaya. apa sih bahayanya bulu kucing bagi manusia?
Q. Seberapa besar bulu kucing berbahaya bagi manusia sih?

A. Seorang wanita yang ingin hamil, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH (toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes), agar kehamilan yang terjadi tidak terkena infeksi yang dapat membahayakan janin. Salah satu infeksi yang bisa terjadi pada kehamilan, adalah toksoplasma.

Toksoplasma, menurut Dr. Indra N.C. Anwar, SpOG, disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma Gondii. Parasit ini media penyebarannya terjadi melalui kontak dengan hewan maupun makanan yang terpapar parasit yang bentuknya seperti spora.

âSiklus hidup parasit ini biasa terdapat pada kotoran kucing, tikus, babi, dan sapi. Bisa juga melalui daging yang kurang matang serta sayuran yang tidak dicuci dengan bersih,â ungkap dokter spesialis kandungan di Teratai Fertility Clinic, RS. Gading Pluit, Jakarta ini.

Hampir 90 persen wanita yang menderita toksoplasma, tidak merasakan adanya gejala. Karena hanya sebagian kecil saja yang merasakan gejalanya, seperti sedikit nyeri otot, pembesaran getah bening dan flek saat hamil.

Bila ibu hamil terinfeksi tokso, juga dapat membahayakan keselamatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. âAkibatnya janin berisiko keguguran, bisa juga mengakibatkan kematian bayi atau anak lahir kepalanya membesar,â papar Dr. Indra.

Menurutnya, infeksi toksoplasma ada yang aktif dan pasif. Jika kadar antibodi imunoglobin IgM aktif, maka ibu sudah punya kekebalan terhadap Tokso.

Tapi bila kadar IgM aktif dan IgG pasif, maka dokter menganjurkan untuk menunda kehamilan karena didalam tubuhnya positif terdapat parasit tokso dan diminta untuk menunggu hingga kadar IgM negatif dan IgG aktif-nya aktif.

Toksoplasma dapat berulang, tapi untuk ibu yang memiliki kadar IgG cukup, tidak akan menimbulkan dampak serius karena dapat dicegah secara alamiah.

Untuk ibu yang terinfeksi tokso di usia kehamilan dini (trisemester pertama), sekitar 1-9 persen kasus akan mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin (kebutaan atau hidrosefalus).

Sedangkan infeksi toksoplasma yang terjadi di usia kehamilan lebih dari 3 bulan, tingkat kecacatannya berkurang, gejalanya pun tidak berat. Kemungkinan infeksi terjadi akibat IgG yang dimiliki si ibu belum cukup.

Dr. Indra memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya toksoplasma, yaitu:

Memeriksakan kondisi kekebalan tubuh terhadap infeksi toksoplasma, sebelum menikah atau sebelum hamil.
Selalu memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan agar tidak menderita toksoplasmosis.
Jangan memberi makan hewan peliharaan dengan daging mentah




Powered by Yahoo! Answers

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar